Kamis, 29 September 2011

Museum Cheng Ho


Museum cheng ho, mungkin anda belum banyak tahu tentang museum ini. Museum cheng ho, merupakan museum kebanggan warga tiong hoa yang berada di kompleks taman budaya tionghoa, taman mini indonesia indah, Jakarta timur.

Di nama kan museum cheng ho, karena cheng ho merupakan seorang pelaut dan penjelejah tiongkok terkenal yang melakukan beberapa ekspedisi penjelejahan melalui pelayaran, dengan membawa misi perdamaian termasuk ke Indonesia.

Cheng ho, dilahirkan sekitar tahun 1371 di propinsi Yunan, Cina selatan. Sebagai orang hui, yaitu etnis china yang sebagian besar adalah muslim, cheng ho sejak kecil sudah memeluk agama islam. Bahkan kabarnya Cheng ho juga pernah melakukan ibadah haji.

Cheng H

Pada tahun 1405-1407 ketika berumur 34 tahun, laksamana cheng ho melakukan ekspedisi pelayaran pertama nya ke wilayah asia tenggara seperti semenanjung malaya, sumatera, dan jawa.
Laksamana cheng ho, telah mengunjungi kepulauan di indonesia sebanyak tujuh kali selama perjalanan nya. Daerah-daerah yang pernah di kunjungi cheng ho antara lain samudera pasai, cirebon, semarang, dan negara majapahit.

Untuk menghormati jasa laksamana cheng ho di indonesia, dibuat lah museum cheng ho sebagai koleksi tambahan yang ada di taman budaya Tionghoa indonesia ini.

Sesuai rencana, museum cheng ho akan di isi oleh berbagai macam barang-barang peninggalan sejarah tiong hoa seperti foto-foto, guci, patung,dan peninggalan lain nya. Begitu pun koleksi gambar-gambar yang menunjukan kisah hidup laksamana cheng ho. Selain museum cheng ho, di kompleks taman budaya tionghoa Indonesia ini juga terdapat komplek bangunan pecinan, seperti museum jin jiang, dan juga aula budi luhur.

Museum jin jiang, merupakan museum tempat penyimpan foto-foto seputar suku jin jiang. Di lantai satu museum ini, anda dapat melihat berbagai foto tentang kegiatan-kegian masuarakat jin jiang. Sedangkan di lantai dua, anda dapat melihat foto-foto bangunan khas suku jin jiang. Di museum ini, anda juga dapat melihat dua buah replika pagoda cantik,khas suku jin jiang.


Tepat di samping museum jinjiang, anda juga dapat mengunjungi Aula Budi Luhur, yaitu sebuah aula yang menyimpan berbagai foto-foto tentang tokoh-tokoh etnis tiong hoa yang berperan penting dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

Setelah puas mengunjungi museum-museum, di taman budaya tiong hoa ini anda juga dapat menikmati suasana di taman. Berbagai fasilitas seperti gazebo, dapat anda kunjungi untuk sekedar bersantai bersama teman dan kerabat.

Cheng Ho Museum
Museum Cheng Ho
Di taman budaya tiong hoa ini, juga terdapat koleksi patung-patung khas Tiong hoa, seperti patung dewi bulan, patung kesatria kwan kong, dan yang paling terkenal dan paling banyak di kunjungi pengunjung adalah patung legenda kera sakti.

Pengurus taman budaya tiong hoa ini berharap agar masyarakat dapat mengunjungi museum cheng ho dan taman budaya tiong hoa ini. Pengurus juga berharap, agar masyarakat tiong hoa khusus nya dapat melestarikan museum cheng ho ini untuk ikut berpartisipasi menyumbang apa pun tentang peninggalan-peninggalan etnis tiong hoa.

Tiong hoa, merupakan bagian dari keaneka ragaman suku-suku di Indonesia. Dengan melestarikan taman budaya tiong hoa dan museum Cheng ho, berarti kita telah merawat jejak langkah perjalanan bangsa Indonesia agar kita lebih bisa mengenal keaneka ragaman.


Left hand side coming

Tidak ada komentar:

Posting Komentar